Mitra FSG Beri Suntikan Dana 67 Triliun Rupiah ke Pemilik PSG

Mitra FSG Beri Suntikan Dana 67 Triliun Rupiah ke Pemilik PSG

SCORE.CO.ID – Salah satu mitra pemilik Liverpool FC Fenway Sports Group (FSG) dilaporkan telah mengakuisisi 12,5% saham raksasa Prancis Paris Saint-Germain (PSG). Mitra FSG itu adalah Arctos Sports Partners (ASP). 

Saat ini, ASP telah mencapai kesepakatan dengan pemilik PSG, Qatar Sports Investments (QSI). Mereka yang akan menyuntikkan modal pertumbuhan penting bagi klub, dengan menilai juara Ligue 1 itu bernilai lebih dari €4 miliar atau sekitar Rp67 triliun.

Modal tersebut akan digunakan untuk membantu ambisi pertumbuhan Paris di pasar internasional seperti AS, serta menyediakan dana yang memungkinkan perbaikan infrastruktur klub seperti peningkatan stadion dan pembangunan fasilitas pelatihan baru.

Arctos, yang bulan lalu mencapai kesepakatan untuk posisi minoritas di tim Formula Satu Aston Martin, telah memegang saham minoritas di FSG sejak 2021.

Perusahaan ini, yang didirikan dan dipimpin oleh Ian Charles dan Doc O’Connor, telah sangat aktif di pasar olahraga selama tiga tahun terakhir, hanya mengambil posisi minoritas dan bukan kendali dalam tim, memberikan solusi permodalan untuk kepemilikan.

Perusahaan tersebut sudah memiliki saham di sepak bola Eropa melalui investasi tidak langsung di Liverpool, serta saham di klub Serie A Italia Atalanta, yang dimiliki oleh miliarder AS Stephen Pagliuca.

Mereka juga mengakuisisi saham pasif di sejumlah tim olahraga Amerika Utara, termasuk waralaba NBA, seperti Golden State Warriors dan Sacramento Kings.

Melansir dari liverpoolecho.co.uk, (9/12/23), Ketua PSG dan QSI Nasser Al-Khelaifi berkata: “Kami sangat senang menyambut Arctos ke dalam keluarga Paris Saint-Germain sebagai mitra strategis dan investor.

“Sebagai klub dan institusi, kami memasuki fase menarik berikutnya dari pertumbuhan dan perkembangan PSG, baik di dalam maupun di luar lapangan – yang didasarkan pada ambisi jangka panjang dan mencapai keunggulan dalam segala hal yang kami lakukan.

Baca Juga  Donnarumma Dikartu Merah, Mbappe “Gendong” 9 Pemain PSG Kalahkan Le-Havre 

“Arctos adalah mitra yang luar biasa untuk membantu kami mencapai tujuan kami, membawa keahlian strategis, ide dan inovasi ke dalam bisnis kami, sekaligus memberikan investasi dan hubungan baru untuk mendukung tujuan sepak bola dan olahraga kami.

Mitra FSG Beri Suntikan Dana 67 Triliun Rupiah ke Pemilik PSG

“Sejak hari pertama, mereka sangat percaya pada proyek kami, rencana dan visi kami untuk klub – dan kami bangga memiliki mereka sebagai bagian dari keluarga kami. Hari ini adalah tonggak penting dalam sejarah Paris Saint Germain, yang akan berkontribusi besar terhadap kesuksesan dan pertumbuhan klub besar kami.”

Sesuai pernyataan, sebagai pemilik non-pengendali, Arctos tidak akan mempengaruhi urusan olahraga apa pun di lapangan, dengan QSI terus memiliki kendali penuh atas semua keputusan di PSG.

“QSI telah mengubah Paris Saint-Germain menjadi salah satu klub sepak bola paling terkenal dan sukses di dunia, membangun merek global dan salah satu komunitas penggemar yang paling terlibat di dunia,” kata O’Connor.

“Saat ini, PSG adalah institusi olahraga ikonik dengan sejarah yang membanggakan dan merupakan pesaing reguler untuk meraih penghargaan terkemuka di kompetisi domestik dan Eropa. Pertama kali kami mengunjungi klub ini, kami merasakan keajaiban PSG dan hubungannya yang mendalam dengan kota Paris. Investasi kami di klub sepenuhnya sejalan dengan strategi kami dalam bermitra dengan tim terbaik di kelasnya di Amerika Utara dan Eropa.

“Kami sangat antusias untuk bergabung dengan keluarga PSG dan berharap dapat bekerja sama dengan presiden Nasser Al-Khelaïfi untuk memaksimalkan potensi klub, memberikan keahlian strategis dan investasi untuk mendorong fase selanjutnya dari pengembangan, pertumbuhan, dan kesuksesan institusi hebat ini.”