Misi Balas Dendam Prancis di Final Piala Dunia U-17

Misi Balas Dendam Prancis di Final Piala Dunia U-17

SCORE.CO.ID – Pertarungan puncak di babak terakhir Piala Dunia U-17 2023 akan mempertemukan antara Timnas Prancis dengan Timnas Jerman. Keduanya siap bertarung sampai titik darah penghabisan dalam duel final yang telah dijadwalkan mentas hari pada Sabtu (2 Desember 2023) di Stadion Manahan, Solo. 

Pada kesempatan ini, Timnas Prancis akan membawa misi khusus, yakni: membalas dendam atas kekalahan dari Jerman di turnamen Piala Eropa U-17 2023 yang telah berlangsung beberapa bulan lalu.

Pasukan Jean-Luc Vannochi berhasil melaju ke babak final setelah menundukkan Timnas Mali di semi final dengan skor tipis 2-1. 

Sementara itu, pasukan Christian Wuck meraih tiket menuju final setelah sukses menjegal Timnas Argentina lewat drama adu penalti. Dalam pertandingan waktu normal, baik Jerman maupun Argentina, sama-sama membukukan skor 3-3 hingga akhir babak kedua selesai. Alhasil, kedua tim harus menyelesaikan pertandingan melalui adu penalti yang dimenangkan Timnas Jerman dengan skor akhir 7-5. 

Dengan demikian, pertandingan puncak Piala Dunia U-17 ini akan menjadi panggung yang mempertemukan kembali dua kekuatan Eropa muda. Dimana, kekuatan mereka pernah bentrok sebelumnya di final turnamen Piala Eropa U-17 2023.

Piala Eropa U-17 2023 yang diselenggarakan di Hungaria bulan Mei-Juni lalu memunculkan Timnas Jerman sebagai pemenang. Di babak final Mereka mengalahkan Timnas Prancis melalui adu penalti dengan skor 5-4, setelah pertandingan berakhir imbang 0-0 selama waktu normal. 

Sekarang, Timnas Prancis U-17 berharap dapat membalas kekalahan tersebut ketika kembali bersua dengan Timnas Jerman U-17 di babak final kompetisi Piala Dunia U-17 2023.

Pelatih Prancis, Jean-Luc Vannuchi, menyatakan tekadnya dalam sesi konferensi pers setelah kemenangan atas Mali. “Kami kalah dari Jerman di fase grup Piala Eropa U-17 2023, lalu kalah adu penalti di final. Kali ini kami harus menang!” tegas Vannuchi, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, (29/11/23).

Baca Juga  Skenario Timnas Indonesia Agar Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia U17

Ia menekankan bahwa pengalaman sebelumnya, ketika melawan Jerman, telah memberinya wawasan yang baik tentang kekuatan lawan. “Kami telah melihat Jerman sebelumnya. Kami mengenal mereka secara baik,” katanya melanjutkan.

Lebih lanjut, ia berharap tim yang diasuhnya dapat membawa pulang lagi trofi Piala Dunia U-17. Sebagaimana diketahui, Timnas Prancis sudah pernah menyabet gelar juara di turnamen FIFA dua tahunan itu tahun 2001 saat Trinidad dan Tobago didapuk sebagai tuan rumahnya.

“Ini akan menjadi pertandingan final yang bagus antara dua tim Eropa. Kami memiliki dua hari untuk istirahat. Kami ingin membawa pulang trofi,” pungkas Vannuchi dengan keyakinan penuh.

Misi Balas Dendam Prancis di Final Piala Dunia U-17

Bentrok dua tim dari Eropa ini diperkirakan akan panas. Tak heran sebanyak 16.000 tiket pertandingan kedua tim telah terjual habis tanpa sisa. Para fans sepakbola yang telah memegang tiket masuk dapat menyaksikan aksi seru antara Timnas Prancis kontra Timnas Jerman secara langsung di Stadion Manahan Solo. Aksi akan dipentaskan tanggal  2 Desember 2023. 

Disisi lain, tanggal 1 Desember 2023, akan terjadi duel rebutan posisi juara ketiga antara Timnas Argentina versus Timnas Mali. Tentu perebutan ini tak kalah seru dengan perebutan posisi juara pertama dan kedua.