Tiga Kiper Inspirasi Paul Argney Sang Penjaga Gawang Prancis U-17

Tiga Kiper Inspirasi Paul Argney Sang Penjaga Gawang Prancis U-17

SCORE.CO.ID – Kiper Paul Argney yang bertugas menjaga gawang Timnas U-17 Prancis dilaporkan mencuri perhatian dunia sepak bola global. Performanya di turnamen Piala Dunia U-17 2023 sangatlah mengesankan. 

Sejak kompetisi ini berlangsung, atau dalam lima pertandingan yang telah dijalani oleh tim yang memiliki julukan “Les Bleues”, Argney berhasil menjaga gawangnya tetap “suci” dari gol. Alhasil, pasukan Jean-Luc Vannuchi ini juga belum pernah kalah satu kali pun. Argney pun digadang-gadang sebagai kiper tertangguh dalam kompetisi yang cukup prestisius ini.

“Rasanya tentu luar biasa bisa menjaga gawang ini tetap bersih dari kebobolan di kejuaraan level paling tinggi seperti Piala Dunia U-17 2023,” kata Argney, sebagaimana dikutip dari JawaPos.com, (27/11/23).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan jika catatan bersihnya yang dimilikinya dapat diraih berkat kerja sama rekan-rekannya, “Ini juga bisa diraih karena kerja keras semua pemain. Saya berharap bisa melanjutkan catatan positif ini. Semoga saya bisa kembali membantu tim dan berusaha tetap mengukir clean sheet.”

Sejatinya, Gawang Paul Argney Pernah Kebobolan

Meskipun begitu, Timnas U-17 Prancis sempat menghadapi tantangan keras ketika bersua Timnas U-17 Senegal di babak perempat final. Disini, sejatinya gawang Argney pernah “kebobolan” tiga kali lewat tendangan penalti yang dilakukan pasukan Serigne Saliou. 

Pada akhir pertandingan skor masih tetap imbang 0-0. Karena salah satu tim harus gugur disini, maka kedua tim melanjutkan duel lewat drama adu penalti. Masing-masing tim menetapkan lima orang yang akan menjebol gawang lawannya. Pihak Senegal U-17 sukses meloloskan tiga gol ke gawang Argney – meskipun saat itu pihak Prancis U-17 yang tetap keluar sebagai pemenangnya dengan skor 5-3. Mereka melaju ke babak semifinal dengan tekad yang semakin kuat.

Tiga Kiper Inspirasi Paul Argney Sang Penjaga Gawang Prancis U-17

Paul Argney Terinspirasi Kiper Timnas Prancis Senior

Baca Juga  Lini Serang Argentina U17 Harus Absen Hadapi Jerman U17 di Semi Final, Ternyata Ini Sebabnya

Ada satu orang yang memberikan inspirasi kepada Paul Argney. Ia adalah Mike Maignan, yang sekarang diketahui tengah membela Timnas Prancis di tingkat Senior. 

Argney bahkan terang-terangan mengakui jika kiper profesional berusia 28 tahun itu merupakan panutan baginya. Ia acap mengamati aksi-aksi gemilang Mike Maignan menyelamatkan gawangnya saat membela Timnas Senior Prancis di berbagai kompetisi atau turnamen.

“Di Prancis, salah satu penjaga gawang yang menjadi inspirator saya adalah Mike Maignan. Ia saat ini menjadi kiper utama Timnas Prancis di level senior,” ujar kiper yang sukses membawa Timnas Prancis ke babak final Piala Eropa U-17 2023 itu.

Ederson Moraes dan Manuel Neuer Jadi Dua Kiper Inspirasi Tambahan

Selain Maignan, Argney rupanya juga terinspirasi sosok kiper kaliber dunia lainnya. Sebut saja, Ederson Moraes dan Manuel Neuer. 

Ia menjelaskan kedua kiper tersebut memiliki kemampuan yang dapat menambah pengalamannya menjaga gawang dari tim yang dibelanya. Ederson Moraes memiliki kemampuannya dalam memainkan bola, sedangkan Manuel Neuer diakuinya sebagai kiper yang sangat komplet. 

“Saya melihat banyak aksi-aksinya di atas lapangan. Selain itu, saya juga sangat kagum dengan kemampuan memainkan bola dari Ederson. Tentu saja Manuel Neuer. Dia adalah kiper yang sangat komplet,” katanya melanjutkan.