Mengapa Marc Marquez Tidak Mengeluh Saat Jorge Martin Menyenggol dan Buyarkan Impiannya pada Balapan Terakhir dengan Honda?

Mengapa Marc Marquez Tidak Mengeluh Saat Jorge Martin Menyenggol dan Buyarkan Impiannya pada Balapan Terakhir dengan Honda?

Mengapa Marc Marquez Tidak Mengeluh Saat Jorge Martin Menyenggol dan Buyarkan Impiannya pada Balapan Terakhir dengan Honda?

Score – Insiden itu terjadi ketika Martin yang dengan panik berusaha memulihkan poisinya setelah keluar jalur ketika ia menyenggol rivalnya, Francesco Bagnaia (Ducati).

Saat itu, Martin berusaha menyalip dari bagian dalam Marquez di tikungan 4.

Namun, keduanya bentrok dengan Martin membawa Marquez terpelanting ke arah gravel.

Balapan Martin dan harapannya yang tipis untuk meraih gelar juga berakhir di jurang yang sulit.

Meski bersikeras itu adalah insiden balapan, Martin kemudian mengakui bahwa Marquez melihatnya dan berusaha mempertahankan posisi kelima dengan melepas rem.

Marquez yang menggosokkan roda depannya ke bahu Martin pada saat-saat dekat di balapan Sprint,yakin bahwa pembalap 25 tahun itu telah melakukan kesalahan.

Marquez sempat menjalani pemeriksaan medis setelah insiden tersebut dan dinyatakan fit sehingga bisa menyaksikan pertarungan pembalap yang masih bertahan dari garasinya.

Namun, dia tidak menyalahkan Martin karena mencoba mengingat situasi perebutan gelar juara dunia.

“Itu bukanlah akhir terbaik bersama Honda, tetapi sejujurnya saya mendekati akhir pekan ini seperti saya berjuang untuk Kejuaraan Dunia. Saya super konsentrasi, berusaha mencari yang terbaik,” kata Marquez kepada MotoGP.com dilansir dari Crash.

“Kemarin kami meraih podium (sprint race) dan hari ini, oke, itu bukan kesalahan kami karena mungkin Martin terlalu optimis untuk melakukan overtake di tikungan 4. Namun, saya tidak akan memaksakannya,” kata Marquez.

“Saya sepenuhnya memahami mentalitasnya. Dia menyerang penuh, dia berjuang untuk kejuaraan dan sebagai pembalap saya tidak akan mengeluh.”

“Saya tahu, dia tahu bahwa dia melakukan kesalahan. Tetapi oke, itu bisa diterima karena dia berjuang untuk gelar juara. Sayangnya, kami berada di pihak penerima (tertabrak),” ujar pemegang enam gelar juara dunia MotoGP itu.

Baca Juga  Hasil Kumamoto Masters 2023 - Sukses Balas Dendam dari Rekan Senegara Axelsen, Momota ke Perempat Final

“Hari ini podium bisa diraih karena kecepatannya ada, tapi pestanya sama di garasi. Kami sangat menikmatinya. Memang benar saya sedikit merasa itu, Itu adalah keuntungan besar dan saya masih belum fokus penuh!”

“Sekarang saatnya memulihkan diri untuk memulai babak baru besok.”

Marquez yang sebelumnya bentrok dengan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) pada lap pembuka, meninggalkan pembalap Italia itu saat terjatuh menjelaskan bahwa Martin telah meminta maaf kepadanya atas insiden tersebut.

Dia sambil mengonfirmasi bahwa dia telah melihat #89 (nomor motor Martin) di saat-saat terakhir, mengatakan itu sudah terlambat untuk menghindari kontak.

“Martin berkata kepada saya ‘maaf’ karena pada akhirnya itu adalah kesalahannya. Dia adalah pembalap di belakang, saya,” kata Marquez, yang memilih Martin sebagai favoritnya untuk merebut gelar juara dunia.

“Saya juga sedang menyerang Zarco saat itu dan saya masuk ke tikungan dengan sangat cepat dan di saat-saat terakhir saya melihat satu roda dan saya mencoba mengambil alih sedikit motornya, tapi sudah terlambat dan saya sudah mulai terbang.”

“Saya berkata kepadanya, ‘kamu berjuang untuk kejuaraan’. Dia melakukan kesalahan di tikungan 1 (di belakang Bagnaia) dan mungkin terlalu agresif, terlalu panas mencoba untuk pulih. Tetapi, itu adalah mentalitasnya dan saya memahaminya,” tutur Marquez.

Tidak ada penalti yang diberikan atas insiden pada balapan Minggu.

Sementara itu, Bagnaia kini bergabung dengan Marquez sebagai satu-satunya juara MotoGP beruntun di grid saat ini.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Pecco dan tim Ducati. Mereka melakukan pekerjaan luar biasa. Memenangkan gelar berturut-turut sangatlah sulit,” kata Marquez.

“Mereka sering bertengkar dan dia mengendalikan tekanan tahun ini karena Martin super cepat. Selamat untuk mereka semua.”

Baca Juga  Liga Voli Korea - Saingan Terkuat Megawati Punya Borok, Pink Spiders Belum Sempurna dengan 9 Kemenangan Beruntun

Marquez akan melakukan debutnya di Gresini Ducati pada tes di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Selasa (28/11/2023).