Score – Salah satunya cerita dari Orange All Shop (OAS) yang merupakan salah satu outlet resmi The Jakmania.
OAS selalu membuka booth merchandise saat Persija Jakarta bermain kandang di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat.
Salah satu staff OAS, Muhammad Nursalim, mengatakan bahwa bergulirnya Liga 1 2023/2024 menjadi sebuah keberkahan bagi UMKM.
Sejatinya tidak hanya OAS saja yang berjualan di luar Stadion Patriot.
Banyak outlet-outlet resmi The Jakmania menjual berbagai macam atribut dari tim berjulukkan Macan Kemayoran itu.
Nursalim mengatakan bahwa OAS mendapatkan pemasukan yang lumayan dari berjualan saat laga kandang Persija.
OAS menjual produk-produk seperti baju, jaket, syal, dan juga offisial Persija.
Karena desain yang menarik dan juga menjual produk resmi Persija, OAS banyak diserbu oleh The Jakmania.
Nursalim mengatakan bahwa pernah ada dimana momen OAS mendapatkan keuntungan sampai Rp 7 juta.
“Sangat lumayan, biasanya kami mendapatkan keuntungan sekitar Rp 3 sampai Rp 5 juta.”
“Bahkan dulu pernah mencapai keuntungan sebesar Rp 7 juta,” kata Nursalim.
“Ya, setiap pertandingan ada saja yang beli merchandise di OAS.”
“Sangat membantu untuk pelaku usaha seperti kami,” lanjutnya.
Selain merchandise, usaha makanan juga cukup laris saat pertandingan Persija berlangsung.
Makan Kebab menjadi salah satu yang membuka kedai di luar Stadion Patriot.
Makan Kebab mendapat keuntungan yang cukup saat ada pertandingan sepak bola.
“Ya, hasilnya lumayan untuk sekali pertandingan.”
“Keuntungannya bisa lebih dari hari-hari biasa,” ujar Moch. Zulfikri, pemilik Makan Kebab.
BRI selaku sponsor resmi Liga 1 2023/2024 menyambut dengan baik dengan menjamurnya pelaku UMKM dari kalangan suporter.
Hal ini tak hanya menaikkan kualitas Liga 1 2023/2024 secara kompetisi, tapi juga bermanfaat bagi kalangan UMKM.
Hal ini tentu saja sejalan dengan komitmen BRI sebagai sponsor utama Liga 1 2023/2024 untuk menciptakan kompetisi sepak bola yang terbaik dan menjadi pemersatu bangsa Indonesia.
Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan bahwa Liga 1 2023/2024 sukses menjadi penggerak perekonomian.
Bahkan melahirkan efek berganda bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
“Dari sisi ekonomi, penyelenggaraan Liga 1 2023/2024 berhasil menjadi motor penggerak ekonomi khususnya di industri sepak bola nasional serta UMKM yang terlibat dalam industri sepak bola,” kata Sunarso.
Ini tentu selaras dengan apa yang dicita-citakan BRI.
Dimana mereka ingin melihat perekonomian rakyat bergerak maju seiring dengan suksesnya kompetisi sepak bola kasta teratas Indonesia.