Spanyol Melaju ke Perempat Final Usai Tekuk Jepang Tipis 2-1

Spanyol Melaju ke Perempat Final Usai Tekuk Jepang Tipis 2-1

SCORE.CO.ID – Timnas Spanyol menjadi tim kedua yang berhasil masuk ke babak perempat final di kompetisi Piala Dunia U-17 2023. Mereka menyusul Brasil yang telah masuk lebih dulu. Setelah duel sekitar 90 menit, mereka berhasil menang dengan skor 2-1 dari Jepang di Stadion Manahan, Senin malam, (20/11/2023), pukul 19.00 WIB.

Para pemain Spanyol yang mencetak gol adalah Quim Junyent Casanova (1 gol) dan Marc Guiu (1 gol). Sedangkan, pemain Jepang yang mencetak gol adalah Gaku Nawata (1 gol). 

Jalannya Duel Spanyol Kontra Jepang

Spanyol U-17 memulai pertandingan dengan sangat baik. Tim yang punya julukan La Rojita ini membuka gol cepat lewat aksi Quim Junyent Casanova di menit ke-8. 

Gol ini bermula dari serangan yang dilancarkan lewat sisi kiri Spanyol. Kemudian, bola dioper ke tengah kotak penalti. Quim yang berada di area sekitar langsung menyambar bola ke arah gawang Jepang. Skor 1-0 untuk Spanyol.

Jepang tidak tinggal diam dan lebih memainkan permainan agresif. Upaya mereka membuahkan hasil saat tendangan Gaku Nawata menghasilkan gol di menit ke-40. Nawata menendang bola keras dari luar kotak penalti usai menerima umpan dari Sato di sayap kanan. Kedudukan pun menjadi seri 1-1.

Di babak kedua, Spanyol berusaha meningkatkan agresivitas, tetapi lini pertahanan Jepang sangat rapat dan rapi sehingga sulit ditembus. Meski demikian, di menit ke-70, Spanyol nyaris menambah gol. Sayang tembakan yang dilesatkan Paulo Lago di dalam kotak penalti hanya mengenai mistar gawang kiper Wataru Goto.

Akhirnya, Spanyol menerapkan strategi lain, yaitu memancing tim Jepang untuk menyerang. Mereka akan memanfaatkan serangan balik. Strategi ini jitu, terbukti di menit ke-73, Spanyol lagi-lagi memasukkan bola ke dalam gawang. 

Baca Juga  Pelatih Timnas Inggris U17 Ungkap Senang Bermain di JIS, Ini Alasannya
Spanyol Melaju ke Perempat Final Usai Tekuk Jepang Tipis 2-1

Gol ini dibuat oleh Guiu yang berhasil lolos dari jebakan offside setelah menerima umpan Quim. Ia berhadapan head to head dengan kiper Goto. Namun, dengan sedikit gocekan, Guiu pun mampu mengalahkan Goto dan membawa kemenangan bagi Spanyol. Kedudukan berubah menjadi 2-1.

Setelah itu, hingga wasit meniup peluit panjang skor tetap bertahan sampai akhir. Spanyol U-17 dinyatakan sebagai pemenang sah duel melawan Jepang U-17. Skor akhir 2-1.

Kemenangan ini membawa tim Spanyol ke babak selanjutnya, perempat final Piala Dunia U-17. Sedangkan, kekalahan bagi tim Jepang terpaksa harus membuat mereka pulang kampung kembali ke negaranya lebih cepat.

Formasi dan Starter XI – Spanyol vs Jepang

Jose Maria Lana mengaplikasikan skema formasi 4-2-3-1 untuk mengatasi pasukan Jepang. Dan, hasilnya, tim anak didiknya berhasil melampaui tim Jepang. Para pemain yang menjadi starter XI adalah Raul Jimenez; Hector Fort, Pau Cubarsi, Andres Cuenca, Daniel Munoz; Quim Junyent, Pau Prim; Daniel Yanez, Juan Hernandez, Pablo Lopez; Marc Guiu.

Disisi lain, Yoshiro Moriyama juga menerapkan formasi yang sama seperti Spanyol, yakni 4-2-3-1. Ia menerjunkan sebelas pemain sebagai Starter XI, antara lain: Wataru Goto; Shotaro Shibata, Kotaro Honda, Kaito Tsuchiya, Keita Kosugi; Joi Yamamoto, Yotaro Nakajima; Ryunosuke Sato, Gaku Nawata, Yumeki Yoshinaga; Alen Inoue.