Pelatih Jerman U-17 Menilai Orang Indonesia Sangat Ramah

Pelatih Jerman U-17 Menilai Orang Indonesia Sangat Ramah

SCORE.CO.ID – Pelatih Jerman U-17 Christian Wuck mengakui keramahan yang dimiliki warga negara Indonesia. Keramahtamahan inilah yang membuat Wuck betah di Indonesia, dan berharap bisa tetap berada di Indonesia hingga partai final nanti. 

“Memang, warga Indonesia sangat ramah-ramah. Kami betah dan ingin tetap berada di sini hingga 2 Desember nanti [laga final],” ungkap Wuck di sela-sela sesi official training yang digelar JIS hari Jumat kemarin, sebagaimana dikutip dari CNNIndonesia, (17/11/23).

Lebih lanjut, ia juga ikut berkomentar tentang Stadion JIS (Jakarta International Stadium) dan membandingkan antara JIS dan Allianz Arena. Sekadar informasi, Allianz Arena adalah stadion yang menjadi markas timnas Jerman.

Dalam komentarnya, pelatih yang pernah memakai jersey Arminia Bielefeld ini mengatakan Allianz Arena jauh lebih bagus daripada JIS. Meski begitu, desain stadion JIS sangat indah dan megah secara keseluruhan.

“Menurut saya lapangannya memang tidak sebagus Allianz Arena. Stadion Allianz Arena lebih bagus. Akan tetapi secara keseluruhan, stadion di Jakarta ini sangat indah. Kami bangga bisa menjalani pertandingan di sini,” tutur Wuck jujur.

Pelatih berusia 50 tahun ini juga menceritakan tentang pengalamannya berada di dua kota, Jakarta dan Bandung. Dan, ia merasa jika cuaca akan menjadi tantangan terbesar yang wajib ditaklukkan anak buahnya di pertandingan terakhir agar memperoleh kemenangan maksimal.

Memang, di dua pertandingan sebelumnya, timnas Jerman baru sempat merasakan hawa Bandung saja. Karena itu, ada kemungkinan cuaca akan membuat masalah pada pasukan Der Panzer muda di pertandingan terakhir. 

“Di sini [Jakarta] lebih panas, karena kami main di laga pertama jam empat sore. Jadi, memang ada perbedaan [Jakarta dengan Bandung]. Tetapi, kedua tim harus bermain di waktu itu. Kami ingin memenangkan pertandingan di stadion yang indah ini,” ucap Wuck.

Baca Juga  Dari Waktu Ke Waktu: Inilah Daftar Top Skor Piala Dunia U-17

Sebagaimana diketahui, Jerman telah mengantongi dua kemenangan berturut-turut. Sehingga, mereka menempati puncak klasemen Grup F dan dipastikan lolos ke babak 16 besar. Di pertandingan terakhir ini, mereka akan menghadapi Venezuela yang berada di posisi dua.

Disamping bicara tentang JIS dan pertandingan terakhir, Wuck juga sedikit membicarakan tentang Thomas Doll – dikenal sebagai eks pemain dan pelatih asal Jerman, yang sekarang menjadi juru taktik klub Persija Jakarta. Dalam pernyataannya, ia merasa Doll adalah pelatih dan eks pemain berkharisma. Ia berharap Doll dapat membantu persepakbolaan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Pelatih Jerman U-17 Menilai Orang Indonesia Sangat Ramah

“Ya, saya mengenalnya. Thomas Doll merupakan pelatih yang bagus. Selama bertahun-tahun ia menjadi pemain Liga Jerman. Dan, ia bisa memberikan pengalaman kepada pemain Indonesia,” ucap Christian Wuck, sebagaimana dikutip dari Indosports, (18/11/23).

Sayangnya, kedua pelatih asal Jerman ini tidak berkomunikasi. Mereka berdua fokus pada tim masing-masing.