MotoGP Qatar 2023 – Tampar Murid Valentino Rossi di FP2, Aleix Espargaro Dinanti 2 Hukuman Berat

MotoGP Qatar 2023 – Tampar Murid Valentino Rossi di FP2, Aleix Espargaro Dinanti 2 Hukuman Berat

MotoGP Qatar 2023 – Tampar Murid Valentino Rossi di FP2, Aleix Espargaro Dinanti 2 Hukuman Berat

Score – Jalannya sesi latihan bebas 2 (Free Practice 2/FP2) MotoGP Qatar 2023 dibumbui dengan tensi panas yang melibatkan dua pembalap.

Espargaro dan Franco Mobidelli (Yamaha) terlibat kontak fisik dalam sesi yang digelar di Sirkuit Lusail, Sabtu (18/11/2023).

Momen itu bermula saat kedua pembalap tersebut melaju di entry corner yang sama di salah satu tikungan Sirkuit Lusail.

Melihat laju Morbidelli yang juga lambat, rider asal Spanyol tersebut mulai merasa terganggu setelah saling bersenggolan.

Di sisi lain, Morbidelli tampak berusaha untuk menjelaskan semua kepada Espargaro namun hal itu berujung dengan momen pahit.

Emosi pun tak mampu lagi ditahan Espargaro yang akhirnya melontarkan sebuah tamparan kepada murid Valentino Rossi tersebut.

Mendapatkan sebuah tamparan keras tersebut, pembalap Blasteran Italia-Brasil itu langsung melaju bersama kuda besinya.

Insiden tersebut sendiri sudah diinvestigasi oleh FIM Stewards di mana kini Espargaro dipastikan mendapatkan dua hukuman berat.

Rekan setim Maverick Vinales itu mendapatkan penalti enam grid untuk posisi start-nya pada sesi balapan utama MotoGP Qatar 2023.

Mengakhiri babak kualifikasi di urutan ke-10, penalti ini membuat Espargaro akan mengawali lomba hari ini dari posisi ke-16.

Untuk hukuman kedua, pembalap berusia 34 tahun tersebut dijatuhi denda dengan nominal yang tidak main-main.

Ya, Espargaro harus membayar uang sebesar 10 ribu Euro atau setara dengan 168 Juta Rupiah akibat aksinya tersebut.

FIM pun sudah melayangkan surat hukuma kepada Espargaro dan sudah dirilis ke publik sebelum kualifikasi kelas Moto3 dihelat.

“Pada November 2023 pukul 15:07:19 dalam sesi FP2 MotoGP Qatar, Anda diketahui bertindak dengan perilaku agresif, termasuk menyerang pembalap nomor 21 secara fisik.”

“Menurut Regulasi FIM Kejuaraan Dunia Grand Prix Pasal 3.3.2.2, ‘setiap tindakan korup atau curang, atau tindakan apa pun yang merugikan olahraga dari seseorang atau sekelompok orang dalam sebuah gelaran’ adalah pelanggaran peraturan FIM Kejuaraan Dunia Grand Prix, karena merusak ketertarikan olahraga ini.”

Baca Juga  Final Thomas Cup 2024 - Line-up Indonesia vs China, Fikri/Bagas Dipasang, Leo/Daniel Tak Diturunkan

“Atas alasan-alasan di atas, FIM MotoGP Stewards Panel telah menjatuhkan denda sebesar 10 ribu Euro dan hukuman 6 posisi grid untuk balapan MotoGP Qatar 2023 (sesuai dengan pasal 3.2.1 dan 3.3.2.3).” bunyi pernyataan FIM.

Sesi balapan kelas utama MotoGP Qatar 2023 sendiri akan bergulir selama 22 lap pada Senin (20/11/2023) dini hari mulai pukul 00.00 WIB.