Pelatih Burkina Faso Ternyata Pernah Melatih Persib Bandung, Begini Ceritanya

Pelatih Burkina Faso Ternyata Pernah Melatih Persib Bandung, Begini Ceritanya

SCORE.CO.ID – Pelatih Burkina Faso, Brahima Traore, berterus terang bahwa dirinya merindukan sosok seorang Umuh Muchtar (biasa dipanggil Haji Umuh) – manajer klub Persib Bandung. Pernyataan ini disampaikan oleh Traore sesaat pertandingan Burkina Faso dan Prancis selesai. 

Sebagaimana diketahui, Burkina Faso U-17 bertanding melawan Prancis U-17 di laga pembuka Grup E Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di JIS hari Minggu (12/11/23). Dalam laga tersebut, Prancis mencukur Burkina Faso dengan skor 3-0.

Sejak awal kedatangannya, Burkina Faso memang mendapat perhatian dari fans sepakbola Indonesia, terutama para bobotoh. Sebab, pelatih mereka, Brahima Traore, memiliki keterikatan kuat dengan dunia sepakbola Indonesia. 

Bagi pecinta sepakbola Indonesia, nama tentu Brahima Traore sudah tidak asing lagi di telinga. Dia adalah mantan gelandang Persib pada medio 2006 hingga 2010-an.

Selain Persib, ia diketahui pernah ikut merumput bersama klub Gresik United dan Persiraja Banda Aceh. Namun, klub yang paling berkesan baginya adalah persib.

Sekarang, ia mendapatkan kesempatan kembali datang ke Indonesia. Bukan sebagai pemain bola, melainkan sebagai pelatih tim Burkina Faso muda.

Taore mengaku bahagia bisa mendapat kesempatan itu. Karena ada beberapa hal yang begitu dirindukannya dari Indonesia.

“Ya, saya merindukan banyak hal dari Indonesia. Dulu kontrak pertama saya bersama Persib Bandung, setelah itu saya mengalami cedera dan kembali ke negara saya,” tutur Traore sebagaimana dikutip dari BolaSport.com, (13/11/2023).

Kemudian, Traore menceritakan secuil kenangannya saat berada di Indonesia dan bagaimana dirinya membela beberapa klub yang ada di Liga Indonesia.

“Setelah sembuh, saya kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Gresik United, lalu saya pindah lagi dengan klub di Banda Aceh,” ucap Traore, “Saya berkarier di Indonesia selama empat tahun dan banyak merindukan teman saya di sini. Saya sangat senang bisa kembali ke Indonesia.”

Baca Juga  Timnas Mali Sangat Yakin Kalahkan Prancis dan Melaju ke Final

Lebih lanjut, Traore menyatakan ada orang yang sangat dirindukan, dan orang itu adalah Haji Umuh Muchtar – manajer Persib. Ia merindukan sosok Haji Umuh lantaran sudah mengurusnya dengan sangat baik selama dirinya membela Persib Bandung.

Kebaikan Pak Haji Umuh ditunjukkan dengan membalut bagian cedera Traore, dimana Persib pun terus mendampinginya dengan baik. Karena itu, dalam kesempatan kali ini, ia berharap dapat bertemu Umuh Muchtar yang berperan penting dalam karirnya sebagai pesepakbola selama di Indonesia.

“Saya ingin menemui manajer Persib Bandung, Pak Haji Umuh, karena ia benar-benar baik kepada saya. Saat saya mengalami cedera, ia memenuhi semua kebutuhan saya sesuai dengan kontrak,” kata Traore.

Pelatih Burkina Faso Ternyata Pernah Melatih Persib Bandung, Begini Ceritanya

Traore mengaku akan mengupayakan pertemuan antara dirinya dengan bos Persib Bandung tersebut. Besar kemungkinan, ia akan menemuinya usai menjalani pertandingan Burkina Faso dan Korea Selatan yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, pada 18/11/2023.

“Saya sangat merindukannya dan saya akan sangat senang jika bisa menemuinya di Bandung, karena nanti kami akan memainkan satu pertandingan di sana melawan Korea Selatan,” pungkasnya.