Update Klasemen MotoGP 2023 – Kemenangan Enea Bastianini Untungkan Francesco Bagnaia, Jorge Martin Hanya Bisa Geleng-geleng Kepala

Update Klasemen MotoGP 2023 – Kemenangan Enea Bastianini Untungkan Francesco Bagnaia, Jorge Martin Hanya Bisa Geleng-geleng Kepala

Update Klasemen MotoGP 2023 – Kemenangan Enea Bastianini Untungkan Francesco Bagnaia, Jorge Martin Hanya Bisa Geleng-geleng Kepala

Score – Klasemen MotoGP 2023 masih belum banyak berubah di posisi atas setelah plot twist yang terjadi pada balapan utama MotoGP Malaysia 2023, Minggu (12/11/2023).

Francesco Bagnaia masih tetap menjadi pemuncak klasemen dengan menembus 412 poin.

Pundi-pundi poin tersebut didapatkan murid Valentino Rossi tersebut berkat raihan podium tiga setelah balapan utama di Sirkuit Sepang hari ini.

Walau start dari pole position tapi malah apes melorot, Bagnaia masih beruntung mampu menjaga penampilannya sepanjang balapan untuk berada di garda terdepan.

Pembalap Ducati Lenovo itu sukses mempertahankan diri dari kejaran pesaing ketatnya, Jorge Martin (Prima Pramac) yang tertahan di posisi keempat sampai balapan selesai.

Battle sengit sempat dipertontonkan Bagnaia dengan Martin dalam perebutan podium tiga.

Namun lambat laun, laju Martin tak bisa menjangkau Bagnaia.

Degradasi ban depan membuat pembalap asal Spanyol itu sulit dan harus geleng-geleng kepala sendiri sepanjang balapan setelah ia pun sempat tertinggal sampai selisih gap waktu mencapai 6 detik dari Bagnaia.

Sementara di sisi lain, Bagnaia juga sedikit diuntungkan dengan penampilan fantastis dan tak terduga dari rekan setimnya, Enea Bastianini.

Bastianini yang start dari P3 yang juga merupakan start terbagusnya selama musim ini, tak disangka mampu melakukan awalan yang sangat garang dan bagus ketika balapan dimulai.

Sejak lap 1, Bastianini dengan cerdik mengambil jalurnya sendiri dan berusaha mencari celah ketika Martin dan Bagnaia bersaing sengit.

Mengambil dari lajur dalam di tikungan, Bastianini sukses mengasapi Martin dan Bagnaia yang kemudian diikuti Alex Marquez (Gresini).

Kegesitan Bastianini di sini membuat Martin dan Bagnaia kecolongan tetapi di sisi lain bagi Bagnaia, ia cukup terbantu karena Martin pun akhirnya melorot dan kesulitan mendapat kecepatannya lagi.

Baca Juga  Pelatih esports nilai Indonesia perlu tingkatkan kepercayaan diri

Pembalap yang akrab disapa Bestia itu pun tampil konsisten tanpa melakukan kesalahan sedikit pun sampai berhasil juara.

Sebuah hasil manis bila mengingat daya kompetitif Bastianini yang sempat diragukan bos Ducati, Paolo Ciabatti.

Padahal, hasil minornya di musim ini tak lepas dari efek cedera parah yang sempat menghantamnya sejak kecelakaan di awal musim.

“Saya benar-benar kelelahan sekarang,” ungkap Enea Bastianini di parc ferme usai juarai MotoGP Malaysia 2023.

“Saya memberikan 100 persen semuanya, hati saya, mental saya, semuanya. Setelah apa yang saya alami sepanjang musim ini tanpa podium, tanpa hasil bagus, kini akhirnya kemenangan itu pun tiba.”

“Saya tahu saya banyak yang masih mendukung saya, keluarga, teman, kekasih saya, saya tahu harus melakukan apa di sini (Sirkuit Sepang), dan ini fantastis,” kata Bastianini lagi.

Tersisa dua seri lagi di MotoGP 2023, yakni seri Qatar dan Valencia.

Bagnaia dan Martin kini berselisih 14 poin.

Bagi Martin, setidaknya dia harus mengunci kemenangan dari sesi sprint maupun balapan utama pada seri terdekat.

Hal itu harus dilakukan jika ingin masih mengamankan kesempatan untuk merebut puncak klasemen sekaligus juara dunia.

MotoGP Qatar 2023 akan berlangsung pekan depan pada 17-19 November 2023, kemudian dilanjutkan MotoGP Valencia 2023 sebagai seri penutup musim pada 24-26 November 2023.

UPDATE KLASEMEN MOTOGP 2023 per Minggu (12/11/2023):

*Pembalap debutan/rookie