Granada Didiskualifikasi di Copa Del Rey Karena Hal Ini

Granada Didiskualifikasi di Copa Del Rey Karena Hal Ini

SCORE.CO.ID – Copa Del Rey telah dimulai sejak 1 November 2023, sejumlah tim papan bawah sedang menjalani babak round 1 untuk bersaing dengan tim papan atas La Liga Spanyol.

Apa itu Copa Del Rey?

Copa Del Rey dimulai pada tahun 1903 dan telah menjadi salah satu turnamen sepak bola tertua di Spanyol. 

Namun, pertandingan ini sebelumnya dikenal dengan nama Copa del Ayuntamiento de Madrid (Piala Dewan Kota Madrid) dan hanya melibatkan klub-klub dari kota Madrid saja.

Setelah itu, kompetisi ini berkembang menjadi ajang di mana klub-klub dari seluruh Spanyol bisa berpartisipasi.

Format kompetisi Copa Del Rey mengikuti sistem gugur, dimana setiap pertandingan hanya berlangsung satu kali di kandang satu tim. Jadi, jika sebuah tim kalah, mereka akan tereliminasi dari kompetisi. Tim yang mencapai tahap final akan bermain di stadion netral untuk memperebutkan gelar juara.

Selain itu, Copa Del Rey juga memberikan kesempatan bagi klub-klub kecil untuk meraih gelar kejuaraan. 

Kesuksesan di Copa Del Rey sering kali menjadi salah satu prestasi yang paling diinginkan oleh klub-klub menengah ke bawah, karena dapat memberikan pengakuan nasional dan kesempatan untuk berkompetisi di ajang Eropa.

Dalam beberapa tahun terakhir, Copa Del Rey telah mengalami beberapa perubahan dalam format kompetisinya. Pada beberapa musim terakhir, pertandingan di babak-babak awal dimainkan dalam format dua leg. Namun, perubahan ini bertujuan untuk menarik minat penonton dan membuat pertandingan lebih menarik.

Siapa Tim Spanyol yang Paling Banyak Raih Gelar Copa Del Rey?

Tim yang telah meraih gelar Copa Del Rey dengan jumlah terbanyak dalam sejarah turnamen adalah Barcelona dengan meraih sebanyak 31 kali.

Baca Juga  Sehebat Apa? Barcelona Malah Didesak Membeli Gelandang PSG Ini

Barcelona merupakan salah satu tim terbesar dan paling sukses di Spanyol. Klub ini didirikan pada tahun 1899 dan telah mencatat banyak prestasi baik di tingkat domestik maupun internasional. Barcelona juga dikenal dengan gaya permainan menyerang dan mengagumkan yang diperkenalkan oleh pelatih terkenal mereka, Johan Cruyff.

Barcelona Copa Del rey SCORE.CO.ID

Mereka pertama kali meraih gelar ini pada tahun 1910 dan yang terbaru pada tahun 2021. Keberhasilan Barcelona dalam Copa Del Rey mencerminkan dominasi mereka di sepak bola Spanyol.

Granada Justru Didiskualifikasi Karena Hal Ini

Federasi sepak bola Spanyol mendiskualifikasi Granada dari Copa del Rey pada hari Selasa setelah mereka menurunkan pemain yang tidak memenuhi syarat dalam kemenangan putaran pertama mereka atas tim divisi lima Arosa.

Tim LaLiga itu memainkan kiper tim B mereka yang berusia 24 tahun, Adrian Lopez, dalam kemenangan tandang 3-0 pada tanggal 2 November, melanggar aturan yang menetapkan pemain tim B yang digunakan dalam piala harus berusia 23 tahun ke bawah.

Federasi mengkonfirmasi keputusan tersebut dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, mengatakan Arosa “dinyatakan sebagai pemenang” pada pertandingan tersebut.

Real Madrid, yang memenangkan piala Spanyol tahun lalu, dikeluarkan dari Copa del Rey pada tahun 2015 setelah memainkan pemain sayap Denis Cheryshev melawan Cadiz saat ia diskors.