Peluang Dortmund ke Babak 16 Besar Liga Champions Musim 23/24 Terbuka Lebar

Peluang Dortmund ke Babak 16 Besar Liga Champions Musim 23/24 Terbuka Lebar

SCORE.CO.ID –  Newcastle sudah menunggu 20 tahun untuk masuk Liga Champions musim 2023/2024 terakhir tahun 2002/2003. Namun, tampaknya petualangan mereka terancam berakhir lebih awal, usai Dortmund mengalahkan mereka dengan skor 2-0 di pertandingan tandang, Signal Iduna Park. 

Sejak awal pertandingan, pasukan Dortmund sudah tampil mendominasi. Puncak dominasi mereka membuahkan hasil ketika Fullkrug berhasil mengubah peluang yang diciptakan oleh Marcel Sabitzer menjadi gol di menit ke-26. 

Fullkrug melepaskan tembakan ke bagian atas gawang. Ini menjadi gol pertama Fullkrug di Liga Champions 2023-2024. Kedudukan 1-0 ini tetap bertahan hingga babak pertama selesai. 

Memasuki babak kedua pertandingan, Eddie Howe memasukkan Miguel Almiron dan Tino Livramento agar akselerasi bermain tim bertambah cepat. Strategi Howe memang cukup berhasil memberikan tekanan kepada para pemain Dortmund.

Almiron yang masuk bertugas menggantikan posisi Kieran Trippier, sehingga Livramento kembali bertugas sebagai bek kanan. Di posisinya tersebut, Livramento berhasil memberikan umpan silang yang potensial kepada Joelinton di menit ke-56. 

Joelinton memang tidak menyia-nyiakan umpan tersebut dengan menyundul bola ke gawang Dortmund. Namun, sayangnya, sundulan pemain Newcastle berusia 27 tahun itu masih melebar dari gawang. Sungguh disayangkan, mengingat peluang Joelinton ini sangat dinantikan untuk dikonversi menjadi gol. 

Pada menit ke-79, tim asuhan Edin Terzic mengunci tim asuhan Eddie Howe dengan memperlebar gol menjadi 2-0. Gol ini tercipta oleh Julian Brandt.

Penentunya berasal dari serangan cepat, yang dimulai dari operan Adeyemi ke arah Brandt yang menyambutnya dengan sangat baik. Livramento coba menghentikan aksi penyerang Dortmund itu, tapi rekan Brandt muncul sehingga posisinya menjadi lebih sulit. Brandt sendiri memutuskan tidak mengoper ke rekannya. Sebaliknya, dia langsung melepaskan tembakan melewati Nick Pope. 

Baca Juga  Pegadaian: Pekan Raya Pegadaian Medan demi tambah nasabah-majukan UMKM

Melansir dari Radar Bogor Rabu (8/11/23), Edin Terzic memberikan komentar positif atas kemenangan timnya. “Itu sangat pantas dengan penampilan tim kami yang hebat,” kata Terzic, “Kami telah mengalahkan Newcastle dua kali, dan dua kali mencatatkan clean sheet. Tujuh poin tidaklah cukup. Itu merupakan langkah yang bagus, namun masih banyak yang perlu ditindaklanjuti.”

Peluang Dortmund ke Babak 16 Besar Liga Champions Musim 23/24 Terbuka Lebar

Kemenangan Dortmund atas Newcastle membawa tim berjuluk Die Schwarzgelben tersebut berada di puncak sementara grup F Liga Champions. Mereka berhasil mendapatkan total 7 poin, disusul PSG (6 poin) dan AC Milan (5 poin). Tampaknya, peluang Dortmund untuk maju ke babak 16 besar semakin terbuka lebar. 

Sementara itu, Newcastle sendiri yang telah kalah dua kali dari Dortmund di pertandingan tandang dan kandang masih stuck di posisi keempat grup F dengan total 4 poin. Kekalahan ini membuat mereka berada di posisi sulit sekarang.

Pada pertandingan grup F selanjutnya, Dortmund tetap harus bersiap untuk menghadapi dua sisa pertandingan melawan Milan (29/11/23) dan PSG (14/12/23). Dan Newcastle juga wajib berjuang keras untuk melawan PSG (29/11) dan Milan (14/12/23).