3 Kiper Alternatif Bila Bang Paes Gak Jadi Main di Timnas Indonesia

Sepak Bola7 Dilihat
banner 468x60

SCORE.CO.ID – Dua bulan lagi jelang Kualifikasi Piala Dunia 2023, Timnas Indonesia tengah mempersiapkan siapa kiper utama untuk berlaga dilaga awal melawan Arab Saudi.

Apalagi proses Marteen Paes yang dinilai cukup rumit, membuat PSSI terus mengkaji ulang beberapa kiper pengganti.

banner 336x280

PSSI sudah menyebutkan bahwa tidak ada kabar pasti untuk kiper terbaik di Liga Amerika ini.

Sekjen PSSI Yunus Nusi mengungkapkan bahwa pihaknya sudah membawa kasus Paes ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Namun belum ada kabar baik yang diterima PSSI hingga saat ini.

“Masih proses, masih proses. Kita tunggu saja yang Maarten Paes. Kami sih belum tahu, tetapi kami sudah berupaya maksimal kok mengurusi Maarten Paes. Kami maksimal, tim kami tetap bekerja,” ujarnya saat ditemui awak media, Rabu ( 10/7/2024).

Tapi kami ikut rekomendasikan ada tiga kiper pengganti yang bisa dimainkan, siapa saja?

1. Cyrus Margono

Cyrus Wardhana Margono atau yang lebih dikenal sebagai Cyrus Margono adalah seorang penjaga gawang muda berbakat yang memiliki kewarganegaraan ganda yakni Amerika Serikat dan Indonesia.

Dimana kewarganegaraan tersebut baru saja ia dapatkan pada bulan Maret 2024 lalu.

Kiper dengan tinggi 191 cm ini, memulai karier sepak bola di akademi New York Red Bulls sebelum melanjutkan ke akademi internasional yang lebih besar.

Berkat kemampuannya dalam menjaga gawang, ia berhasil menarik perhatian klub eropa, salah satunya adalah klub asal Yunani yakni Panathinaikos B.

2. Emil Audero

Emil Audero Mulyadi, atau yang lebih dikenal sebagai Emil Audero, adalah penjaga gawang profesional yang lahir di Mataram, Indonesia, namun besar di Italia.

Ia memulai kariernya di akademi Juventus, di mana ia berkembang pesat dan akhirnya dipromosikan ke tim utama.

Baca Juga  Diremehkan Lagi, Pemain Vietnam Sebut : Kelebihan Indonesia Cuma Semangat dan Pemain Naturalisasi

Setelah beberapa masa peminjaman yang sukses, termasuk di Sampdoria, Audero menetapkan dirinya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Serie A.

Keahliannya dalam membaca permainan dan kepemimpinannya di lapangan membuatnya menjadi andalan di klub dan juga menjadi salah satu prospek potensial untuk tim nasional Indonesia.

3. Daniel Klein

Terakhir, ada Daniel Klein yang merupakan penjaga gawang muda berdarah Jerman-Indonesia, yang bermain di klub Liga Jerman yakni FC Augsburg.

Pada musim lalu, Daniel Klein sempat dipinjamkan ke SV Sandhausen yang bermain di Liga 3 Jerman. 

Keunggulannya dalam menjaga gawang dan kemampuannya dalam situasi satu lawan satu membuatnya menjadi salah satu prospek penjaga gawang yang sangat berpotensial di Eropa.

Demikian beberapa nama Penjaga gawang yang bisa dijadikan pilihan untuk memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Ronde 3 Piala Dunia 2026 nanti, selain Maarten paes.

banner 336x280